Jual Bibit Pohon Ketapang

Di dunia flora dan fauna, tanaman ketapang atau bisa disebut dengan katapang adalah nama yang diperuntukkan untuk jenis pohon yang mempunyai bentuk cukup rindang yang mana tanaman ketapang ini biasa tumbuh di area tepi pantai.

Jual Bibit Pohon Ketapang

Tanaman ketapang sendiri tergolong jenis tanaman dengan masa pertumbuhan yang termasuk  cepat, dalam waktu 2 bulan saja selepas masa panen tanaman ketapang ini akan dengan cepat membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, sehingga tanaman ketapang ini kerap dijadikan sebagai pohon peneduh yang biasa nya berada di area taman-taman dan juga tepi jalan.

Baca Juga: Morfologi Mangga Gedong Gincu

Namun, siapa yang menyangka, jika tumbuhan ketapang ini merupakan tanaman aslidari  Asia Tenggara yang ternyata juga memiliki banyak khasiat, selain sebagai peneduh jalan atau peneduh pada area taman.

Kulit batang (pegagan) dan daun-daunnya, menurut paparan dari Wikipedia, yang mengutip dari studi tahun 1991 oleh JL CH van Valkenburg dan EB Waluyo, Terminalia catappa L. (Record from Proseabase: RHMJ Lemmens  and N Wulijarni-Soetjipto – editors. PROSEA -Plant Resources of South-East Asia- Foundation, Bogor, Indonesia), dimanfaatkan untuk menyamak kulit, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pewarna hitam, dan juga untuk membuat sebuah tinta. 

Kayu dari tanaman ketapang ini juga menghasilkan sebuah zat  yang cocok dijadikan sebagai pewarna kuning kecoklatan sampai warna zaitun, dan mengandung 11–23 persen tanin. Daun-daunnya mengandung 12 macam tanin yang dapat dihidrolisis.

Tumbuhan ketapang menjadi bagian penting bagi sebagian ecinta ikan hias, yang mana banyak meyakini ketika menaruh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Berta spp.), dapat memperbaiki kesehatan dan memperpanjang umur ikan.

Kayu pada ketapang ini dominan mempunyai warna merah bata pucat hingga kecoklat-cokelatan, mempunyai berat yang cukup ringan sampai sedang, berat jenis kayunya ini berkisar antara 0,465–0,675. 

Kayu pada tanaman ketapang ini cukup keras dan tentu saja ulet,namun tidak begitu awet. Kayu ketapang ini di dalam dunia perdagangan dikenal sebagai kayu jenis red-brown terminalia, dan kerap digunakan sebagai penutup lantai atau veneer. Di negara Indonesia sendiri, tanaman kayu dari pohon ketapang  ini kerap sekali digunakan dalam pembuatan perahu dan juga untuk pondasi atap rumah.

Bagian Biji pada tanaman ketapang juga dapat dimakan baik secara mentah atau juga bsia dimasak. Ada yang berpendapat jika rasanya ini jauh lebih enak daripada biji tanaman kenari. Kebanyakan Orang akan memanfaatkannya sebagai pengganti biji amandel (almond) yang sangat masif untuk pembuatan roti, kue,dan makanan ringan lainnya yang berbasis biji Almond. Inti biji pada ketapang ini cukup kering dan tidak begitu basah,namun setelah dijemur akan menghasilkan minyak berwarna kuning. 

Minyak dari olahan ketapang ini sangat dominan mengandung asam-asam lemak seperti asam palmitat (55,5 persen), asam oleat (23,3 persen), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat.

Biji ketapang yang masih kering ini juga tak luput dari nutrisi yang cukup berarti yakni mengandung protein (25 persen), gula (16 persen), serta berbagai macam asam amino.

Studi yang dimuat dengan judul eprints.ums.ac.id, telah menyebutkan berdasarkan beberapa informasi buah ketapang sudah dimanfaatkan kulitnya sebagai bahan utama pembuatan briket selain batu bara, sedangkan bijinya juga telah dimanfaatkan sebagai beberapa produk di dalam sebuah industri dengan skala yang cuku besar seperti pabrik tepung, selai, kecap, dan tentu saja sebagai pemasok alami sumber minyak nabati,namun dalam hal ini masih belum bekerja secara maksimal terutama di negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *